Bermain dengan Filsafat PRASOCRATES
Filsafat prasocrates
1. Tempat
lahir Miletos
Pesisir barat asia kecil diduduki orang
Lonia. Lonia merupakan daerah pertama dinegeri yunani yang mencapai kemajuan
besar baik dalam bidang ekonomi maupunkatural homeros yang tersohor hidup
didunia ( tahun 850 SM ) . Demikian juga ketiga filsuf yang pertama : Thales,
Anaximandros, serta Anaximenes.
Pada abad ke-6 SM miletoslah yang menjadi
tempat lahir untuk filsafat dan bukan kota lain, karena Miletos adalah kota
terpenting dari ke dua belas kota Lonia. Dengan demikian Miletos menjadi titik
pertemuan untuk banyak kebudayaan dan segala macam informasi dapat ditukar
antara orang - orang yang berasal dari berbagai tempat. Juga Hekaltos seorang
ahli ilmu bumi, hidup dikota ini kira - kira pada waktu yang sama.
2. Thales
a. Riwayat
Hidup
Siapakah
Thales ini ?sebagaimana halnya juga pada banyak filsuf lain dari zaman ini,
kitatidak mengetahui kelahiran Thales
secara pasti. Hanya orang yang mengatakan ia hidup sekitar tahun 624 - 548 SM.
Thales disebut sebagai bapak Yunani, karena dialah filosof yang pertama. Dia
tidak meninggalkan ajaran - ajaran yang ditulis sendiri.Filsafat nya diajarkan
secara lisan saja dan dikembangkan oleh murid - muridnya, dan yang menulis
ajaran Thales adalah Aristoteles.
Sebagai salah satu jasanya bahwa satu
kali ia berhasil meramalkan gerhana matahari. Para ahli astronomi modern
mengatakan bahwa telah terjadi pada tanggal 28 mei 585, Thales aktif dalam
bidang politik karena ia member nasihat kepada kedua belas kota Lonia agar
bersatu dalam semacam Negara serikat yang berpusat diteoos tetapi tidak
terlaksana.
Thales berhasil mengukur jarak yang tidak
diketahui ( tingginya piramida, jauhnya kapal dilaut ). Menurut berita lain,
Thales juga mengemukakan suatu teori mengenai banjir tahunan sungai dimesir.
Berpendapat bahwa naiknya sungai disebabkan karena anginnya berkala
tertentu.Itulah suatu contoh bagus mengenai suasana yang mulai berkembang,
bertentangan dengan keterangan metologis.
b. Ajaran
Menurut Thales prinsip filsafat nyaialah :
semua itu air “air yang cair itu adalah
pangkal, pokok, dan dasar segala - galanya. Semua barang terjadi dari dan pada
air, dan semuanya kembali pada air.” Mungkin Thales beranggapan demikiankarena
air mempunyai berbagai bentuk : cair, beku, uap. Aristoteles tidak tahu dengan
pasti, karena alasannya apakah Thales menentukan air sebagai zat asli dalam
semesta. Pokok ajaran lain yang di laporkan aristoteles ialah bahwa menurut
thales bumi terletak di atas air. Dalam bukunya tentang psikologi Aristoteles memberitahukan
pula pendapat Thales yang lain yaitu “semuanya penuh dengan dewa” Aristoteles memaksudkan bahwa jagat raya ini
berjiwa.
Perkenalan dengan filsuf pertama mungkin agak
mengecewakan. Kita belum berjumpa dengan
suatu pandangan yang jelas. Tetapi yang penting ialah bahwa disini kita
mnyaksikan percobaan pertama, biarpun dalam bentuk sederhana saja dengan
menggunakan radio.
Kesimpulan filsafat Thales adalah :
1.
Bahwa dasar pertama atau intisan dalam
ialah air.
2.
Filsafat jiwa : Thales berpendapat
bahwa tak ada yang memisahkan antara hidup dan mati. Semuanya itu satu. Thales
percaya bahwa segala benda itu berjiwa. Benda bisa berubah rupanya, bias bergerak, timbul, dan
bisa menghilang. Semuanya ada kodratnya.
Kalau
kita renungkan secara mendalam, filsafat tersebut masih animisme.Animisme
adalah suatukepercayaan bahwa benda berjiwa. Filsafat Thales tersebut
berdasarkan empirisme, misalnya besi berani dan batu api yang digosok sampai
panas akan menarik benda yang dekat padanya, ini dipandangnya sebagai kodrat
berjiwa.
3.Anaximandros
a.
Riwayat Hidup
Anaximandros adalah murid Thales, ia
hidup kira - kira 610 -547 SM. Ia lima belas tahun lebih muda dari gurunya
(thales), akan tetapi ia meninggal lebih dahulu. Ia mempunyai jasa dalam bidang
astronomi dan juga dalam bidang geografi. Sebab dialah orang pertama yang
membuat peta bumi.
b.Ajaran
Menurut Anaximandros yang juga mencari prinsip terakhir yang dapt
memberikan pengertian mengenai kejadian dalam alam smesta yaitu bahwa langit
itu berbentuk seperti bola.Bumi terletak ditengah - tengahnya bangunannya
seperti selinder, bulan panjang dan datar pada atasnya.Menurutnya ada banyak
duna yang jumlahnya tak terbilang.Para ahli sejarah filsafat Yunani tidak
setuju apakah ini harus dimengerti secara suksesif.Menurutnya semua makhluk
hidup termasuk manusia berasal dari air.Kesimpulan filsafat Anaximandros antara
lain :
1.Filsafat alam
Sebagaimana Thales, Anaximandros mencari asal dari segalanya. Ia
tidak menerima segala apa yang diajarkan oleh gurunya. Hanya yang dapat dietrima logikanya ialah bahwa yang
asal itu satu. Tetapi yang satu itu tidak berhingga dan tidak berkeputusan ( al
awal wal akhir ).Yang asal sebagiandasar alam menurut Anaximandros disebut
“apiron”.Menurutnya, apiron mengeluarkan yang panas kemudian yang dingin, yang
panas membungkus yang dingin, hingga yang terdapat didalamnya. Oleh karena itu
yang dingin menjadi bumi dari yang dingin keluar yang cair dan yang beku
sebagai dua hal yang berlawanan. Panas
yang membungkus yang dingin tadi pecah dan pecahannya itu berputar - putar
bagaikan roda.Oleh Karena itu perputarannya menimbulkan lubang - lubang.
Pecahan dari api selanjutnya terjadi matahari dan bintang. Bumi bermula
dibungkus oleh uap yang basah, Karena ia berputar maka ia menjadi kering dan
tinggal uap yang basah maka terjadilahlaut pada bumi.
2. Filsafat jiwa
Menurut
Anaximandros, bahwa jiwa sebagai dasar kehidupan adalah serupa dengan udara.
4. Anaximenes
a.Riwayat Hidup
Anaximenes
hidup sekitar 590 -528 SM. Anaximenes merupakan filosof alam yang terakhir di
miletus , karena ia termasuk murid dari Anaximandros, maka filsafatnya tentang
kejadian alam pada dasarnya tidak berbeda dari gurunya.
b.Ajaran
Menurut nya yang merupakan asal usul segala
sesuatu adalah udara.Karenanya Anaximenes adalah pemikir pertama yang
mengemukakan persamaan antara tubuh manusiawi dan jagat raya.
Pandangan Anaximenes tentang susunan jagat
raya pasti merupakan kemunduran dibandingkan dengan Anaximandros.
Demikian pun matahari , bualn dan bintang
laksana sehelai daun. Badan –badan jagat raya itu tudak terbenam dibawah bumi
sebgaimana agaknya yang dipikirkan Anaximandros.Kesimpulan filsafatnya ialah
intisari alam atau dasarnya pertama ialah udara, karena udaralah yang meliputi
alam serta yang menjadi dasar hidup.
-filsafat alam
Anaximenes
tidak menerima filsafat Anaximandros yang mengatakan bahwa yang asal itu tidak
dapat disamakan dengan yang lahir dan dirupakan.Ia disini sama dengan Thales
yang berpendapat bahwa yang dipengaruhi Anaximandros, bahwa jiwa itu serupa
dengan udara.
-proses
terjadinya alam
Menurut filsafatnya kalau udara diam saja, tidakakan terjadi yang
lahir yang bermacam - macam, segalanya terjadi sebab gerak udara. Ia
berpendapat karena udara bisa jarang dan padat. Kalau udara menjadi jarang maka
terjadilah api, dan jika udara menjadi padat, maka terjadilah angin dan awan.
Awan bertambah lagi maka menjadi hujan dari awan.Dari air menjadi tanah, tanah
yang memadat menjadi batu.
-bangunan
alam
Anaximenes mengatakan dunia ini datar seperti meja bundar
dibawahnya ditopang oleh udara.Udara yang menyangga itu tidak punya ruang gerak
maka bumi tetap pada tempatnya.Matahari, bulan dan bintang dilahirkan oleh
bumi. Karena uap dari bumi naik keatas, datar menjadi jurang maka jadilah api.
Angin menjadi matahari,bulan, dan bintang.
-filsafat
jiwa
Anaximenes
berpendapat jiwa itu menyusun tubuh
manusia menjadi satu dan menjaga agar jangan gugur dan bercerai berai.
Kalau jiwa keluar dari badan , maka matilah badan. Juga alam besar ada karena udara.Udaralah
yang menjadi pangkal kehidupan.Kalau tidak ada udara gugurlah semuanya itu.
5.
Filsafat Pertama Sebagai Filsafat Alam
Ajaran filsuf Lonia yang pertama boleh disebut
filsafat alam., karena perhatian mereka selalu dipusatkan pada alam. Hasil
penyelidikan filsuf pertama kiranya dapat disingkatkan dengan tiga ucapan. (1)alam semesta merupakan keseluruhan yang
bersatu. (2) alam semesta dikuasai oleh satu hukum. (3) akibatnya alam semesta
merupakan kosmos yang berarti dunia yang teratur.
Pythagoras dan pythagorean
Ilmu
sejarah menghadapi banyak kesulitan dalam melukiskan kehidupan dan ajaran
Pythagoras. Pythagoras tidak menulis apa – apa dan kita tidak mempunyai tulisna
dari murid – muridnya yang pertama. Dalam abad ke- 5 data – data mengenai
kehidupan Pythagoras sudha diselubungi dengan berbagai legenda sehingga
kebenarannya sebagian besar tidak menyebut nama Pythagoras .
a.
Riwayat hidup
Lahir dipulau samos yang termasuk daerah Lonia.
Tahun kelahirannya tidak diketahui.Menurut kesaksian Aristoteles seorang
muridnya, tidak setujunya dengan pemerintahan tyramo polykrates dan Pythagoras
mendirikan suatu tarekat yang beragam.Pada akhir hidupnya Pythagoras bersama
pengikut – pengikutnya yang berpindah kekota metapontion karena lasana politik
dan meninggal disana.
b.
Tarekat Pythagorean
Tarekat
didirikan Pythagoras yang bersifat religious. Mereka menghormati dewa api
Pythagoras yang dijunjung tinggi dalam kalangan mereka. Semboyan yang lazimnya
authosepha : ia sendiri (Pythagoras) mengatakan begitu. Di antara pengikut
pengikut Pythagoras di kemudian hari verkembanglah desa aliran.akus matikoi(apa
yang telah di dengar peraturan) mengindahkan penyucian dengan mentaati semua
peraturan secara seksama .Matimatikoi(ilmu pengetahuan mereka mengutamakan ilmu pengetahuan
,khususnya ilmu pasti.
Setelah
Pythagoras meninggal , kaumnya tesebar di berbagai kota di italia selatan pada tahun 450 mereka di
usir dari keraton .Di sini di sini pusat
Pythagorean adalah kota tara yang juga di sebut Tarentum.
c.Ajaran
tentang jiwa
Kesaksian yang tertua tentang pyhtagoras berasal dari xenophare juga
seorang filsuf prasokratik dan kaum sewaktu dengan pyhtagoras .Phytagoras
sendiri juga mengajarkan perpindahan
jiwa,titik ajaran yang penting dalam mazhab pyhtagorean seluruhnya .Titik
ajaran yang penting dalam phytagorean seluruhnya. Jadi menurut pyhtagoras jiwa
itu tidak dapat mati .Sesudah kematian
manusia jiwanya berpindah ke
dalam hewan itu mati berpindah lagi dan seterusnya.
d.Ajaran
ajaran tentang bilangan bilangan
Suatu penemuan dalam bidang musik yang menjadi batu sendi untuk
pandangan seluruh dunia pyhtagoras . Agaknya berasal dari Pythagoras sendiri .
Kaum pyhtagorean menganggap bilangan sebagai sesuatu yang keramat dan konon
mereka bersumpah demi tekraktys ini.Penemuan Pythagoras ini mempunyai
konsekuansi besar karna di sini untuk pertama kalinya di nyatak bahwa suatu
gejala fisifyakni nada nada di kuasaioleh hokum matematis.Ilmu penegetahuan modern
sama sekali bersetandar pada prinsip ini. Galilei akan mengatakn bahwa alam di
tulis dalam bahasa matematika.
e.Kosmologi
Teori mazhab pyhtagorean tentang susunan
kosmos tentu mengherankan karna untuk pertama kalinya di nyatakan bahwa bukan
bumi yang merupakan pusat jagat raya, menurut mazhab pyhtagorean pusat jagat
raya adalan api(Hestia).Aristoteles mengatakan bahwa menurut kaum pyhtagorean
seluruh langin merupakan suatu tangga nada musik serta suatu bilangan .Sekarang
kita sudah mengerti bahwa jagat raya tidak lain dari pada bilangan tetraktius.
3.Xenopanes
a.Riwayat hidup
Lahir di kholopon di asia kecil. Dalam
puisi ia menceritakan sendiri bahwa 61 tahun berselang pada usia 25 tahun ia
meninggalkan kota asalnya dan mengembara di seluruh negri yunani dalam tradisi
yunani di ceritakan bahwa xenopanes bukanlah filsuf dalam arti sebenarnya ia
tidak mempunyai pandangan yang lebih kurang sistematis berdasarkan prinsip
tertentu seperi anaximandros misalnya. Ia adalah penyair sifatnya kritis dan
berkenalan dengan filsafat waktu itu.
b.Ajaran
tentang agama
Nama xenopanes menjadi masyhur,karena untuk
pertama kalinya dalam sejarah yunani dialah yang mensinyalir konflik yang
sedang berlangsung antara pemikiran filsafat dan tanggapan tanggapan mitologis
yang tradisioanal . Disini juga kita mesti menyimpulkan : karna xenopanes
mengkritik tentang Allah yang berdasarkan sifat sifat daerah dengan sendirinya
.Ia mewartawankan suatu universalismedalam bidang keagamaan.Baru pada akhir
kebudayaan ketika dalam pemerintah Alexander agung polis sudah kehilangan
keunggulannya. Universalisme religious di terima juga dalam bentuk praktek
keagamaan. Xenophanes menolak juga
adanya banyak dewa dengan menekankan keesaan Allah . Itulah keritik lain atas
anggapan anggapan mitologis .katanya: Allah itu satu adanya,yang terbesar di
antara dewa dan orang orang manusia , tidak serupa dengan makhluk insane dan
tidak pula berfikir seperti mereka.
c.Kosmologis
Ajaran
Xenophanes tentang kosmos tidak begitu penting bahwa pendapatannya bersifat
agak primitive dan tidak merupakan kemajuan di bandikan kosmologi sebelumnya.Xenophanes
menyangka bahwa bumi tersimpul dalam proses
peredaran yang selalu berlangsung terus . Di perdalaman di atas bukit
bukit orang telah menemukan kerang kerang laut ,itu membuktikan bahwa lebih
dulu batu itu dalam keadaan lumpur.
4.Herakleitos
Hidup
diephesos di usia kecil sekitar tahun 500 M. Ia adalah kawan sewaktu pyhtagoras
dan Xenophanes , namun dia lebih muda dari mereka , Herakleitos menulis suatu
buku .buku sendri sudah hilang tetapi 130 di simpan lagi.Semua fragmen ini
tidak lain dari pada amsal amsal pendek yang sering kali tidak jelas artinya .
Kalau kita membahas fragmen fragmen dan mendengar kesaksian kesaksian , timbulnya bahwa wataknya tinggi
dan sombong. Ia memandang rendah rakyat yang bodoh dan menegaskan bahwa
kebanyakan kebanyakan manusia jahat dan mengutuki para warga. Demikian juga ia
berbagai dari ajaran filsuf filsuf sebelumnya dan mencari jalannya sendiri.
a.Ajaran
Inti
pemikiran heraxleitos boleh di tunjukan keyakinan bahwa tiap tiap benda terdiri
dari hal hal yang saling berlawanan.Bahwa hal hal yang berlawanan itu memiliki
kesatuan. Kalau kita boleh merumuskan pendapat heraxletos dengan
terminology modern,kita dapat mengatakan
bahwa semuanya merupak sistentis dari hal hal yang berposisi.perubahan tak
henti hentinya di bayangkan herakleitos atas dua cara : (1) ia mengatakan bahwa
seluruh kenyataan merupakan arus sungai yang mengalir.(2) ia mengatakan seluruh
kenyataan adalah api.Dalam pandangan heraxletos tentang manusia tampaklah yang
baru , walaupun barang kali ia meneruskan di sini pikiran pythagorean. Dalam fragmen lain kita
temukan bahwa pada perjalanan mu engkau tidak dapat menemui batas jiwa. Jalan
manapun yang engkau tempuh.Tetapi dilain pihak tidak boleh di sembunyikan bahwa
heraxletos juga berbicara tentangjiwa dalam suatu konteks kosmologis.Heraxletos
mengatakan juga bahwa hidup dan mati sebenarnya merupakan hal yang sama. Dari
situ di simpulkan bahwa herxleitos juga
menerima lingakaran perpindahan jiwa . Kesimpulan filsafatnya ialah anasir yang
satu adalah api . Menurut heraxleitos,bahwa api itu lebih dari pada air dan
udara . Api sifatnya mudah bergerak dan mudah berganti warna .Api membakar,
semuanya jadi api kemudian menjadi abu ,segalanya menjadi api , dan api berubah
jadi semua.Demikianlah pokok filsafat heraxleitos , tulisannya banyak yang
sukar dan kurang jelas.
Mazhab
elea
1.Parmanioles
a.riwayat
hidup
Parmadines lahir di kota elea di italia
selatan sekitar tahun 515.Tahun ini dapat di tentukan atas kesaksian plato yang
menceritakan bahwa parmanides pada usia 65 tahunbersama dengan muridnya zheno berkunjung ke atena di mana ia bercakap
cakap dengan socrates yang lebih muda pada waktu itu.Ada kesaksian pula bahwa
parmanides member undang undang pada elea.
b.Karya
Parmenides
mengarang filsafatnya dalam bentuk puisi.Syair parmanides terdiri dari prakat
dan dua bagian yang masing masing di sebut jalan kebenaran dan jalan pendapat.
c.Jalan
kebenaran
Pikiran parmades adalah kebalikan dari
pikiran herakleitos . Bagi herakleitos realitas seluruhnya bukanlah suatu yang
lain dari pada generasi dan perubahan bagi parmanides gerak dan perubahan.
Tidak mungkin menurut dia realitas merupakan keseluruhan yang satu tidak
bergerak atau berubah.
d.Jalan
pendapat
Jalan
pendapat (cloxa) melukiskan susunan kosmos.parmanides mengatakan bahwa jalan
ini merupakan keseluruhan jalan sesaat yang terjadi pada makhluk makhluk insane
2.Zeno
a.Riwayat
hidup
Zeno
lahir die lea sekitar tahun 490. Ia adalah murid setia Parmenides .Ia mempunyai
peranan politik di kota elea.
b.Ajaran
Aristoteles
mengatak bahwa zeno menemukan dialektik. Istilah itu termasuk kata yang
mendapat pelajaran bagi arti sepanjang sejarah filsafat .zeno membuktikan bahwa
adanya ruang kosong dengan metode metode ini :
1.
argumentasi melawan ruang kosong
2.
argumentasi melawan pluralitas
3.
argumentasi melawan gerak
3.Melisos
a.Riwayat
hidup
Melisos lahir di pulau samos .Ia bertindak
sebagai panglima yang mengalahkan armada Athena pada tahun 441. Sebetulnya
itulah satu satunya peristiwa dalam hidupnya yang kita ketahui tersimpan
beberapa pragmen dari buku yang di karang dalam prosa.
b.Ajaran
Melisos membela ajaran parmanides dengan
mempergunakan argument argument yang pada pokoknya mengikuti jalan pikiran
Parmenides .Dengan tekanan lebih besar dari pada parmanides.
Filsuf- fisuf
pluralis
Sejak thales, filsuf filsuf pertama semua menganut suatu monisme yaitu pendirian bahwa relaitas seluruhanya bersifat satu.Argumen argument yang di berikan Parmenides sangat mengesankan untuk filsuf filsuf yang akan datang.
Sejak thales, filsuf filsuf pertama semua menganut suatu monisme yaitu pendirian bahwa relaitas seluruhanya bersifat satu.Argumen argument yang di berikan Parmenides sangat mengesankan untuk filsuf filsuf yang akan datang.
4.Empedokles
a.riwayat
hidup
Empedokles lahir di akragas di pulau
silsilia.pada awal abad ia termasuk golongan bangsawan. Ada kesaksian pula
bahwa ia mengikuti ajaran parmanides . pada usia yang tidak di ketahui ia dari kota asalnya , kita tidak mempunyai
informasi tentang buanganya.Menurut
Anistoteles ia meninggal dalam usia 60 tahunan.
b.karya
Empedokles
menulis dua karya dalam bentuk puisi .Dengan itu ia meniru dua gaya bahasa
parmanides .syair pertama berjudul
perihal alam dan yang kedua bernama penyucian penyucian. Ajaran
ajarannya antara lain:
1.
ajaran mengenai keempat anasir
2.
ajaran mengenai cinta dan benci
3.
ajaran mengenai pengenalan
5.Anaxagoras
a.Riwayat
hidup
Anaxagoras
lahir klazomenai di lonia sekitar sekitar tahun 500. Menurut kesaksian tertentu
ia meinggal dalam usia 72 tahun Anaxagoras mengarang suatu buku dalam prosa.
Ajaran ajarannya antara lain:
1.
ajaran mengenai benih benih
2.ajaran
menegenai nus
Fisuf
- filsuf atomis
Leukippos
dan demokritos
a.
Riwayat hidupleukippos
leikippos
adalah pendasar aliran atomisme. Ia berasal dari kota elea.Ia pendiri mazhab
atomisme
b.Riwayat
hidup demokritos
demokritos
lahir di kota abdera pesisir tharake yunani utara. Ia hidup kira kira dari
yahun 400 sampai tahun 370. Sedangkan ajaran ajarannya antara lain
1.
ajaran atomisme
2.
ajaran demokritos mengenai manusia
Comments
Post a Comment