Bermain dengan Filsafat PRASOCRATES

Filsafat prasocrates

1.     Tempat lahir Miletos
     Pesisir barat asia kecil diduduki orang Lonia. Lonia merupakan daerah pertama dinegeri yunani yang mencapai kemajuan besar baik dalam bidang ekonomi maupunkatural homeros yang tersohor hidup didunia ( tahun 850 SM ) . Demikian juga ketiga filsuf yang pertama : Thales, Anaximandros, serta Anaximenes.
     Pada abad ke-6 SM miletoslah yang menjadi tempat lahir untuk filsafat dan bukan kota lain, karena Miletos adalah kota terpenting dari ke dua belas kota Lonia. Dengan demikian Miletos menjadi titik pertemuan untuk banyak kebudayaan dan segala macam informasi dapat ditukar antara orang - orang yang berasal dari berbagai tempat. Juga Hekaltos seorang ahli ilmu bumi, hidup dikota ini kira - kira pada waktu yang sama.
2.     Thales
a.       Riwayat Hidup
Siapakah Thales ini ?sebagaimana halnya juga pada banyak filsuf lain dari zaman ini, kitatidak  mengetahui kelahiran Thales secara pasti. Hanya orang yang mengatakan ia hidup sekitar tahun 624 - 548 SM. Thales disebut sebagai bapak Yunani, karena dialah filosof yang pertama. Dia tidak meninggalkan ajaran - ajaran yang ditulis sendiri.Filsafat nya diajarkan secara lisan saja dan dikembangkan oleh murid - muridnya, dan yang menulis ajaran Thales adalah Aristoteles.
Sebagai salah satu jasanya bahwa satu kali ia berhasil meramalkan gerhana matahari. Para ahli astronomi modern mengatakan bahwa telah terjadi pada tanggal 28 mei 585, Thales aktif dalam bidang politik karena ia member nasihat kepada kedua belas kota Lonia agar bersatu dalam semacam Negara serikat yang berpusat diteoos tetapi tidak terlaksana.
      Thales berhasil mengukur jarak yang tidak diketahui ( tingginya piramida, jauhnya kapal dilaut ). Menurut berita lain, Thales juga mengemukakan suatu teori mengenai banjir tahunan sungai dimesir. Berpendapat bahwa naiknya sungai disebabkan karena anginnya berkala tertentu.Itulah suatu contoh bagus mengenai suasana yang mulai berkembang, bertentangan dengan keterangan metologis.

b.      Ajaran
Menurut Thales prinsip filsafat nyaialah : semua itu air  “air yang cair itu adalah pangkal, pokok, dan dasar segala - galanya. Semua barang terjadi dari dan pada air, dan semuanya kembali pada air.” Mungkin Thales beranggapan demikiankarena air mempunyai berbagai bentuk : cair, beku, uap. Aristoteles tidak tahu dengan pasti, karena alasannya apakah Thales menentukan air sebagai zat asli dalam semesta. Pokok ajaran lain yang di laporkan aristoteles ialah bahwa menurut thales bumi terletak di atas air. Dalam bukunya tentang psikologi Aristoteles memberitahukan pula pendapat Thales yang lain yaitu “semuanya penuh dengan dewa”  Aristoteles memaksudkan bahwa jagat raya ini berjiwa.
Perkenalan dengan filsuf pertama mungkin agak mengecewakan. Kita belum berjumpa  dengan suatu pandangan yang jelas. Tetapi yang penting ialah bahwa disini kita mnyaksikan percobaan pertama, biarpun dalam bentuk sederhana saja dengan menggunakan radio.

Kesimpulan filsafat Thales adalah :
1.       Bahwa dasar pertama atau intisan dalam ialah air.
2.       Filsafat jiwa : Thales berpendapat bahwa tak ada yang memisahkan antara hidup dan mati. Semuanya itu satu. Thales percaya bahwa segala benda itu berjiwa. Benda bisa  berubah rupanya, bias bergerak, timbul, dan bisa menghilang. Semuanya ada kodratnya.
Kalau kita renungkan secara mendalam, filsafat tersebut masih animisme.Animisme adalah suatukepercayaan bahwa benda berjiwa. Filsafat Thales tersebut berdasarkan empirisme, misalnya besi berani dan batu api yang digosok sampai panas akan menarik benda yang dekat padanya, ini dipandangnya sebagai kodrat berjiwa.
      3.Anaximandros
       a. Riwayat Hidup
Anaximandros adalah murid Thales, ia hidup kira - kira 610 -547 SM. Ia lima belas tahun lebih muda dari gurunya (thales), akan tetapi ia meninggal lebih dahulu. Ia mempunyai jasa dalam bidang astronomi dan juga dalam bidang geografi. Sebab dialah orang pertama yang membuat peta bumi.
b.Ajaran
Menurut Anaximandros yang juga mencari prinsip terakhir yang dapt memberikan pengertian mengenai kejadian dalam alam smesta yaitu bahwa langit itu berbentuk seperti bola.Bumi terletak ditengah - tengahnya bangunannya seperti selinder, bulan panjang dan datar pada atasnya.Menurutnya ada banyak duna yang jumlahnya tak terbilang.Para ahli sejarah filsafat Yunani tidak setuju apakah ini harus dimengerti secara suksesif.Menurutnya semua makhluk hidup termasuk manusia berasal dari air.Kesimpulan filsafat Anaximandros antara lain :
                1.Filsafat alam
Sebagaimana Thales, Anaximandros mencari asal dari segalanya. Ia tidak menerima segala apa yang diajarkan oleh gurunya. Hanya yang  dapat dietrima logikanya ialah bahwa yang asal itu satu. Tetapi yang satu itu tidak berhingga dan tidak berkeputusan ( al awal wal akhir ).Yang asal sebagiandasar alam menurut Anaximandros disebut “apiron”.Menurutnya, apiron mengeluarkan yang panas kemudian yang dingin, yang panas membungkus yang dingin, hingga yang terdapat didalamnya. Oleh karena itu yang dingin menjadi bumi dari yang dingin keluar yang cair dan yang beku sebagai dua hal  yang berlawanan. Panas yang membungkus yang dingin tadi pecah dan pecahannya itu berputar - putar bagaikan roda.Oleh Karena itu perputarannya menimbulkan lubang - lubang. Pecahan dari api selanjutnya terjadi matahari dan bintang. Bumi bermula dibungkus oleh uap yang basah, Karena ia berputar maka ia menjadi kering dan tinggal uap yang basah maka terjadilahlaut pada bumi.
            2. Filsafat jiwa
Menurut Anaximandros, bahwa jiwa sebagai dasar kehidupan adalah serupa dengan udara.

      4. Anaximenes
       a.Riwayat Hidup
Anaximenes hidup sekitar 590 -528 SM. Anaximenes merupakan filosof alam yang terakhir di miletus , karena ia termasuk murid dari Anaximandros, maka filsafatnya tentang kejadian alam pada dasarnya tidak berbeda dari gurunya.
b.Ajaran
Menurut nya yang merupakan asal usul segala sesuatu adalah udara.Karenanya Anaximenes adalah pemikir pertama yang mengemukakan persamaan antara tubuh manusiawi dan jagat raya.
Pandangan Anaximenes tentang susunan jagat raya pasti merupakan kemunduran dibandingkan dengan Anaximandros.
Demikian pun matahari , bualn dan bintang laksana sehelai daun. Badan –badan jagat raya itu tudak terbenam dibawah bumi sebgaimana agaknya yang dipikirkan Anaximandros.Kesimpulan filsafatnya ialah intisari alam atau dasarnya pertama ialah udara, karena udaralah yang meliputi alam serta yang menjadi dasar hidup.
                -filsafat alam
Anaximenes tidak menerima filsafat Anaximandros yang mengatakan bahwa yang asal itu tidak dapat disamakan dengan yang lahir dan dirupakan.Ia disini sama dengan Thales yang berpendapat bahwa yang dipengaruhi Anaximandros, bahwa jiwa itu serupa dengan udara.
-proses terjadinya alam
Menurut filsafatnya kalau udara diam saja, tidakakan terjadi yang lahir yang bermacam - macam, segalanya terjadi sebab gerak udara. Ia berpendapat karena udara bisa jarang dan padat. Kalau udara menjadi jarang maka terjadilah api, dan jika udara menjadi padat, maka terjadilah angin dan awan. Awan bertambah lagi maka menjadi hujan dari awan.Dari air menjadi tanah, tanah yang memadat menjadi batu.

-bangunan alam
Anaximenes mengatakan dunia ini datar seperti meja bundar dibawahnya ditopang oleh udara.Udara yang menyangga itu tidak punya ruang gerak maka bumi tetap pada tempatnya.Matahari, bulan dan bintang dilahirkan oleh bumi. Karena uap dari bumi naik keatas, datar menjadi jurang maka jadilah api. Angin menjadi matahari,bulan, dan bintang.
-filsafat jiwa
Anaximenes berpendapat jiwa itu menyusun tubuh  manusia menjadi satu dan menjaga agar jangan gugur dan bercerai berai. Kalau jiwa keluar dari badan , maka matilah badan.  Juga alam besar ada karena udara.Udaralah yang menjadi pangkal kehidupan.Kalau tidak ada udara gugurlah semuanya itu.
      5. Filsafat Pertama Sebagai Filsafat Alam
                 Ajaran filsuf Lonia yang pertama boleh disebut filsafat alam., karena perhatian mereka selalu dipusatkan pada alam. Hasil penyelidikan filsuf pertama kiranya dapat disingkatkan dengan tiga ucapan.  (1)alam semesta merupakan keseluruhan yang bersatu. (2) alam semesta dikuasai oleh satu hukum. (3) akibatnya alam semesta merupakan kosmos yang berarti dunia yang teratur.
    Pythagoras dan pythagorean
Ilmu sejarah menghadapi banyak kesulitan dalam melukiskan kehidupan dan ajaran Pythagoras. Pythagoras tidak menulis apa – apa dan kita tidak mempunyai tulisna dari murid – muridnya yang pertama. Dalam abad ke- 5 data – data mengenai kehidupan Pythagoras sudha diselubungi dengan berbagai legenda sehingga kebenarannya sebagian besar tidak menyebut nama Pythagoras .
a. Riwayat hidup
   Lahir dipulau samos yang termasuk daerah Lonia. Tahun kelahirannya tidak diketahui.Menurut kesaksian Aristoteles seorang muridnya, tidak setujunya dengan pemerintahan tyramo polykrates dan Pythagoras mendirikan suatu tarekat yang beragam.Pada akhir hidupnya Pythagoras bersama pengikut – pengikutnya yang berpindah kekota metapontion karena lasana politik dan meninggal disana.
b. Tarekat Pythagorean
Tarekat didirikan Pythagoras yang bersifat religious. Mereka menghormati dewa api Pythagoras yang dijunjung tinggi dalam kalangan mereka. Semboyan yang lazimnya authosepha : ia sendiri (Pythagoras) mengatakan begitu. Di antara pengikut pengikut Pythagoras di kemudian hari verkembanglah desa aliran.akus matikoi(apa yang telah di dengar peraturan) mengindahkan penyucian dengan mentaati semua peraturan secara seksama .Matimatikoi(ilmu pengetahuan  mereka mengutamakan ilmu pengetahuan ,khususnya ilmu pasti.
Setelah Pythagoras meninggal , kaumnya tesebar di berbagai kota  di italia selatan pada tahun 450 mereka di usir dari keraton .Di sini  di sini pusat Pythagorean adalah kota tara yang juga di sebut Tarentum.
c.Ajaran tentang jiwa
    Kesaksian yang  tertua tentang  pyhtagoras berasal dari xenophare juga seorang filsuf prasokratik dan kaum sewaktu dengan pyhtagoras .Phytagoras sendiri  juga mengajarkan perpindahan jiwa,titik ajaran yang penting dalam mazhab pyhtagorean seluruhnya .Titik ajaran yang penting dalam phytagorean seluruhnya. Jadi menurut pyhtagoras jiwa itu tidak dapat mati .Sesudah kematian  manusia jiwanya berpindah  ke dalam hewan itu mati berpindah lagi dan seterusnya.
d.Ajaran ajaran tentang bilangan bilangan
Suatu penemuan dalam bidang musik yang menjadi batu sendi untuk pandangan seluruh dunia pyhtagoras . Agaknya berasal dari Pythagoras sendiri . Kaum pyhtagorean menganggap bilangan sebagai sesuatu yang keramat dan konon mereka bersumpah demi tekraktys ini.Penemuan Pythagoras ini mempunyai konsekuansi besar karna di sini untuk pertama kalinya di nyatak bahwa suatu gejala fisifyakni nada nada di kuasaioleh hokum matematis.Ilmu penegetahuan modern sama sekali bersetandar pada prinsip ini. Galilei akan mengatakn bahwa alam di tulis dalam bahasa matematika.
e.Kosmologi
   Teori mazhab pyhtagorean tentang susunan kosmos tentu mengherankan karna untuk pertama kalinya di nyatakan bahwa bukan bumi yang merupakan pusat jagat raya, menurut mazhab pyhtagorean pusat jagat raya adalan api(Hestia).Aristoteles mengatakan bahwa menurut kaum pyhtagorean seluruh langin merupakan suatu tangga nada musik serta suatu bilangan .Sekarang kita sudah mengerti bahwa jagat raya tidak lain dari pada bilangan tetraktius.
     3.Xenopanes
      a.Riwayat hidup
    Lahir di kholopon di asia kecil. Dalam puisi ia menceritakan sendiri bahwa 61 tahun berselang pada usia 25 tahun ia meninggalkan kota asalnya dan mengembara di seluruh negri yunani dalam tradisi yunani di ceritakan bahwa xenopanes bukanlah filsuf dalam arti sebenarnya ia tidak mempunyai pandangan yang lebih kurang sistematis berdasarkan prinsip tertentu seperi anaximandros misalnya. Ia adalah penyair sifatnya kritis dan berkenalan dengan filsafat waktu itu.


b.Ajaran tentang agama
   Nama xenopanes menjadi masyhur,karena untuk pertama kalinya dalam sejarah yunani dialah yang mensinyalir konflik yang sedang berlangsung antara pemikiran filsafat dan tanggapan tanggapan mitologis yang tradisioanal . Disini juga kita mesti menyimpulkan : karna xenopanes mengkritik tentang Allah yang berdasarkan sifat sifat daerah dengan sendirinya .Ia mewartawankan suatu universalismedalam bidang keagamaan.Baru pada akhir kebudayaan ketika dalam pemerintah Alexander agung polis sudah kehilangan keunggulannya. Universalisme religious di terima juga dalam bentuk praktek keagamaan.  Xenophanes menolak juga adanya banyak dewa dengan menekankan keesaan Allah . Itulah keritik lain atas anggapan anggapan mitologis .katanya: Allah itu satu adanya,yang terbesar di antara dewa dan orang orang manusia , tidak serupa dengan makhluk insane dan tidak pula berfikir seperti mereka.
          c.Kosmologis
Ajaran Xenophanes tentang kosmos tidak begitu penting bahwa pendapatannya bersifat agak primitive dan tidak merupakan kemajuan di bandikan kosmologi sebelumnya.Xenophanes menyangka bahwa bumi tersimpul dalam proses  peredaran yang selalu berlangsung terus . Di perdalaman di atas bukit bukit orang telah menemukan kerang kerang laut ,itu membuktikan bahwa lebih dulu batu itu dalam keadaan lumpur.
     4.Herakleitos
Hidup diephesos di usia kecil sekitar tahun 500 M. Ia adalah kawan sewaktu pyhtagoras dan Xenophanes , namun dia lebih muda dari mereka , Herakleitos menulis suatu buku .buku sendri sudah hilang tetapi 130 di simpan lagi.Semua fragmen ini tidak lain dari pada amsal amsal pendek yang sering kali tidak jelas artinya . Kalau kita membahas fragmen fragmen dan mendengar kesaksian  kesaksian , timbulnya bahwa wataknya tinggi dan sombong. Ia memandang rendah rakyat yang bodoh dan menegaskan bahwa kebanyakan kebanyakan manusia jahat dan mengutuki para warga. Demikian juga ia berbagai dari ajaran filsuf filsuf sebelumnya dan mencari jalannya sendiri.
a.Ajaran
Inti pemikiran heraxleitos boleh di tunjukan keyakinan bahwa tiap tiap benda terdiri dari hal hal yang saling berlawanan.Bahwa hal hal yang berlawanan itu memiliki kesatuan. Kalau kita boleh merumuskan pendapat heraxletos dengan terminology  modern,kita dapat mengatakan bahwa semuanya merupak sistentis dari hal hal yang berposisi.perubahan tak henti hentinya di bayangkan herakleitos atas dua cara : (1) ia mengatakan bahwa seluruh kenyataan merupakan arus sungai yang mengalir.(2) ia mengatakan seluruh kenyataan adalah api.Dalam pandangan heraxletos tentang manusia tampaklah yang baru , walaupun barang kali ia meneruskan di sini  pikiran pythagorean. Dalam fragmen lain kita temukan bahwa pada perjalanan mu engkau tidak dapat menemui batas jiwa. Jalan manapun yang engkau tempuh.Tetapi dilain pihak tidak boleh di sembunyikan bahwa heraxletos juga berbicara tentangjiwa dalam suatu konteks kosmologis.Heraxletos mengatakan juga bahwa hidup dan mati sebenarnya merupakan hal yang sama. Dari situ di simpulkan  bahwa herxleitos juga menerima lingakaran perpindahan jiwa . Kesimpulan filsafatnya ialah anasir yang satu adalah api . Menurut heraxleitos,bahwa api itu lebih dari pada air dan udara . Api sifatnya mudah bergerak dan mudah berganti warna .Api membakar, semuanya jadi api kemudian menjadi abu ,segalanya menjadi api , dan api berubah jadi semua.Demikianlah pokok filsafat heraxleitos , tulisannya banyak yang sukar dan kurang jelas.
Mazhab elea
1.Parmanioles
a.riwayat hidup
    Parmadines lahir di kota elea di italia selatan sekitar tahun 515.Tahun ini dapat di tentukan atas kesaksian plato yang menceritakan bahwa parmanides pada usia 65 tahunbersama dengan muridnya  zheno berkunjung ke atena di mana ia bercakap cakap dengan socrates yang lebih muda pada waktu itu.Ada kesaksian pula bahwa parmanides member undang undang pada elea.
b.Karya
Parmenides mengarang filsafatnya dalam bentuk puisi.Syair parmanides terdiri dari prakat dan dua bagian yang masing masing di sebut jalan kebenaran dan jalan pendapat.
c.Jalan kebenaran
    Pikiran parmades adalah kebalikan dari pikiran herakleitos . Bagi herakleitos realitas seluruhnya bukanlah suatu yang lain dari pada generasi dan perubahan bagi parmanides gerak dan perubahan. Tidak mungkin menurut dia realitas merupakan keseluruhan yang satu tidak bergerak atau berubah.
d.Jalan pendapat
Jalan pendapat (cloxa) melukiskan susunan kosmos.parmanides mengatakan bahwa jalan ini merupakan keseluruhan jalan sesaat yang terjadi pada makhluk makhluk insane
2.Zeno
a.Riwayat hidup
Zeno lahir die lea sekitar tahun 490. Ia adalah murid setia Parmenides .Ia mempunyai peranan politik di kota elea.

b.Ajaran
Aristoteles mengatak bahwa zeno menemukan dialektik. Istilah itu termasuk kata yang mendapat pelajaran bagi arti sepanjang sejarah filsafat .zeno membuktikan bahwa adanya ruang kosong dengan metode metode ini :
1. argumentasi melawan ruang kosong
2. argumentasi melawan pluralitas
3. argumentasi melawan gerak
3.Melisos
a.Riwayat hidup
    Melisos lahir di pulau samos .Ia bertindak sebagai panglima yang mengalahkan armada Athena pada tahun 441. Sebetulnya itulah satu satunya peristiwa dalam hidupnya yang kita ketahui tersimpan beberapa pragmen dari buku yang di karang dalam prosa.
b.Ajaran
    Melisos membela ajaran parmanides dengan mempergunakan argument argument yang pada pokoknya mengikuti jalan pikiran Parmenides .Dengan tekanan lebih besar dari pada parmanides.
Filsuf- fisuf pluralis
Sejak thales, filsuf  filsuf pertama semua menganut suatu monisme yaitu pendirian bahwa relaitas seluruhanya bersifat satu.Argumen argument yang di berikan Parmenides sangat mengesankan untuk filsuf filsuf yang akan datang.
4.Empedokles
a.riwayat hidup
     Empedokles lahir di akragas di pulau silsilia.pada awal abad ia termasuk golongan bangsawan. Ada kesaksian pula bahwa ia mengikuti ajaran parmanides . pada usia yang tidak di ketahui ia  dari kota asalnya , kita tidak mempunyai informasi  tentang buanganya.Menurut Anistoteles ia meninggal dalam usia 60 tahunan.
b.karya
Empedokles menulis dua karya dalam bentuk puisi .Dengan itu ia meniru dua gaya bahasa parmanides .syair pertama berjudul  perihal alam dan yang kedua bernama penyucian penyucian. Ajaran ajarannya antara lain:

1. ajaran mengenai keempat anasir
2. ajaran mengenai cinta dan benci
3. ajaran mengenai pengenalan
5.Anaxagoras
a.Riwayat hidup
Anaxagoras lahir klazomenai di lonia sekitar sekitar tahun 500. Menurut kesaksian tertentu ia meinggal dalam usia 72 tahun Anaxagoras mengarang suatu buku dalam prosa. Ajaran ajarannya antara lain:
1. ajaran mengenai benih benih
2.ajaran menegenai nus
Fisuf - filsuf atomis
Leukippos dan demokritos
a. Riwayat hidupleukippos
leikippos adalah pendasar aliran atomisme. Ia berasal dari kota elea.Ia pendiri mazhab atomisme
b.Riwayat hidup demokritos
demokritos lahir di kota abdera pesisir tharake yunani utara. Ia hidup kira kira dari yahun 400 sampai tahun 370. Sedangkan ajaran ajarannya antara lain
1. ajaran atomisme
2. ajaran demokritos mengenai manusia


Comments

Popular posts from this blog

definisi Fi'il Madhi dalam kitab Jurumiyah

kaidah tafsir al-tikrar

kaidah istifham